Program Kerja

PROGRAM KERJA

1. Mengoptimalkan kinerja Perangkat Desa secara maksimal sesuai tugas pokok dan fungsinya Perangkat Desa demi tercapainya pelayanan yang prima bagi masyarakat.

Menyelenggarakan pemerintahan desa yang transparan, bertanggung-jawab dan tidak menyalahi peraturan perundang-undangan yang berlaku tentang penyelenggaraan pemerintahan desa, serta meningkatkan pelayanan kinerja Perangkat Desa Derongisor dalam melayani kebutuhan masyarakat.           

2. Melaksanakan koordinasi antar mitra kerja.

Melaksanakan koordinasi bersama dengan Badan Permusyawaratan Desa, serta akan selalu bekerja sama dan bermusyawarah dalam membuat keputusan-keputusan tentang Program Kerja maupun prioritas pelaksanaan program kerja juga dalam penetapan peraturan-peraturan desa yang harus dibuat dan dilaksanakan

3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia agar dapat memanfaatkan Sumber Daya Alam yang ada demi mencapai kesejahteraan masyarakat

Berupaya mengajak masyarakat Desa Derongisor untuk ikut aktif dalam organisasi-organisasi yang ada di desa Derongisor seperti : Kelompok Tani, Paguyuban Lansia, Pendidikan Anak Usia Dini, Kelompok Pengajian,Organisasi Seni dan Budaya, PKK, Karang Taruna serta kelompok lainnya. Diharapkan dengan adanya pertemuan-pertemuan kelompok tersebut seluruh lapisan masyarakat dapat berkomunikasi, bersosialisai dan berinteraksi lebih baik. Dengan hal itu nantinya akan tumbuh ide-ide ataupun program-program masyarakat yang bersifat membangun, semangat gotong-royong tumbuh subur, terjalin kebersamaan yang kuat sehingga ketika ada kesulitan dan permasalahan akan dapat diatasi bersamam-sama.

4. Meningkatkan kapasitas kelembagaan yang ada di desa Derongisor.

Mengajak serta memfungsikan lembaga-lembaga yang ada di desa Derongisor seperti PKK, Karang Taruna, Gapoktan, P PAUD, LPMD dan lembaga lainnya dalam rangka pemahaman Tugas Pokok dan Fungsinya untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan pembangunan serta dalam pemahaman bahwa semua element masyarakat mempunyai hak dan kwajiban yang sama dalam semua proses kegiatan pembangunan di segala bidang.

 

5. Meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat.

Mendorong masyarakat untuk melaksanakan pola hidup sehat dan mengoptimalkan serta melakukan pendampingan peran kader PosYandu Balita dan Lansia agar tercapai kesehatan masyarakat secara lahir batin dan melakukan upaya kerja sama dengan pihak-pihak terkait lainnya.

6. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa Derongisor dengan melibatkan langsung masyarakat desa Derongisor dalam berbagai bentuk kegiatan antar lain

  1. Meneruskan pembangunan infrastruktur khususnya jalan untuk meningkatkan perekonomian warga masyarakat desa Derongisor.Mencari dan mengajak pelaku usaha untuk ikut melaksanakan/menggerakkan perekonomian warga masyarakat Desa Derongisor.
  2. Mengusahakan bedah rumah bagi warga yang tidak mampu.
  3. Pemanfaatan lahan kosong disekitar rumah/pekarangan rumah tangga, sehingga bisa lebih produktif.
  4. Membantu menjembatani kepentingan masyarakat desa Derongisor akan kepastian Hukum hak kepemilikan tanah.

7. Melaksanakan kegiatan pembangunan yang jujur, baik dan trasnparan serta dapat dipertanggungjawabkan.

Berupaya melibatkan seluruh masyarakat dan lembaga masyarakat dalam proses perencanaan, pelaksanaan , evaluasi dan pengawasan kegiatan pembangunan. Dalam hal ini kami akan memlibatkan masyarakat sebagai pelaku dalam setiap tahapan kegiatan pembangunan. Sehingga ketika masyarakat sebagia pelaku baik ditahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan maka akan tercipta pembangunan yang jujur, baik dan transparan serta dapat dipertanggungjawabkan dan akan tepat sesuai dengan sasaran.


Total Dibaca